MOM BLOGGER

A Journal Of Life

Penggusuran Ala Amerika

Jumat, 18 November 2016

Buckeye village (BV)... belum juga setahun saya menempati mu, eh kok udah mau dihancurin aja sih? Baru juga memuji-mujimu dengan segenap keelokan mu, eh kamunya ngusir aku.

Yup! Berita duka dari apartment tempat saya dan keluarga sekarang tinggal. Ada kebijakan yang kurang bijak yang dilakukan oleh pihak kampus terhadap students housing nya kampus Ohio State University (OSU) ini. Yaitu demolition atau penghancuran. Buat apa? Buat dialih fungsikan menjadi athletic center sejenis pusat olahraga gitu.

Ohio, khususnya kampus OSU memang 'bergantung hidup' pada olahraga khususnya football (American Football). Dipandang tidak menguntungkan kampus, students housing pun menjadi sasaran pengembangan sarana olahraga. Logis memang, karena pastinya akan sangat lebih menguntungkan jika kampus mengalihkan perhatiannya untuk sumber penghasilan yang pasti ketimbang 'ngabisin duit' buat ngurusin rumah mahasiswa.

Hmmmm, Amerika ga jauh-jauh beda ma Indonesia. Ya iya, lha wong Indonesia menginduk ke Amerika. Jadi kalo mikir bakal dapet 'ketenangan hidup' buah dari democrazy nya Amerika, ya saya rasa kurang tepat (atau malah salah besar). Dunia tetaplah dunia. Kalo kebagian apes ya apes aja. Tapi tak boleh dirutuki dan diratapi toh? Harus dihadapi! #rapihinjilbab

Untuk menghadapi kasus ini, aktivis mahasiswa (saya ga tau harus menyebut mereka apa, yang pasti mereka adalah orang-orang aktif yang peduli) sudah melakukan 2 kali pertemuan dengan pejabat yang bertanggung jawab. Dialog sudah dilakukan. Penyaluran aspirasi sudah ditampung. Namun yang agak nyelekit ketika memperoleh informasi bahwa mediasi sejenis begini itu sudah pernah dilakukan di beberapa tahun lalu. Bedanya, saat itu baru sekedar wacana, sedangkan sekarang sudah tekan kontrak dengan pengembang (kontraktor). Nah lho????

Penghancuran memang tidak dilakukan 100% melainkan hanya 18% saja. Namun untuk tahap berikutnya, berdasarkan peta perencanaan yang diterima, wilayah BV akan 100% disulap menjadi pusat atlet (koreksi jika saya salah). Ada penggantinya? Dulu kabarnya ada. Namun sekarang setelah diperbarui sudah tidak ada. Artinya, kampus OSU yang merupakan kampus 50 besar terbaik Amerika (apa dunia, lupa) tidak akan lagi memiliki fasilitas rumah untuk mahasiswanya. Artinya, OSU tidak direkomendasikan untuk menjadi kampus tujuan mahasiswa internasional, termasuk Indonesia. Kenapa? Karena cost yang dikeluarkan untuk biaya perkuliahan (meskipun pasti akan sebagian besar mahasiswa Indonesia yang kesini dibiayai sponsor - beasiswa)  tidak sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Terlebih mahasiswa internasional membayar 2 kali lipat lebih besar dibanding mahasiswa domestik.

Ok! Tidak masalah di hancurkan, tapi tetap harus menjadi perhatian untuk pihak kampus bahwa keberadaan family/students housing di sebuah kampus menjadi salah satu faktor sebuah kampus dipilih oleh calon mahasiswanya. Artinya, jika hal ini benar terjadi, bisa saja kampus OSU mengalami penurunan jumlah mahasiswa internasionalnya.

Huh! Semoga saja BV tetap ada. Meski dengan wajah baru dan tampilan serta harga baru.

Akhirun, Saya hanya ingin meminta bantuan kepada teman-teman untuk membantu kami dengan cara berpartisipasi dalam penandatanganan petisi di link ini.

Saya baru sadar, bahwa tolong menolong bahkan sekedar penandatanganan petisi itu bisa sangat penting meski pun terlihat hal sepele dan tidak terkait langsung dengan kita. Namun saya tertegun ketika salah seorang rekanan (beliau dosen saya semasa kuliah) berkata "jangan mikirin kita aja, tapi pikirin juga temen-temen dan mahasiswa internasional lain yang bakal kuliah disini juga". Ah betapa egois nya saya. Saya bisa saja pindah ke apartemen lain, tapi masalah nya bukan disana. Perjuangan bukanlah sekedar untuk diri kita. Tapi lebih luas, untuk kebaikan dan kepentingan bersama. Ga kebayang kalo nanti ada mahasiswa Indonesia yang dengan bahagianya lulus di OSU dan datang kesini mendapati harga sewa rumah menghabiskan 2/3 uang beasiswa. Bisa-bisa mahasiswa Indonesia jadi gagal fokus nyampe sini.

Demikian salah satu curahan pikiran saya. Jika ada yang kurang tepat mohon japri. Jika mau bantu silahkan klik link. Kalau mau share dengan senang hati.

Colombus, 17 November 2016
Salah satu beban otak akhirnya tercurahkan

NOTE
Dear neighbors: 
-    Please make every effort to come to the Tuesday's meeting, 11/15, 7 pm. It is critical in deciding whether or not there will be a grad/family housing. The power is in the crowd. Let’s ask Heather of BV to provide a room and childcare service for 2 hours. 
- Please spread the word. Ask to speak for 2 minutes in every class you take. I spoke in my class on Wed and they were shocked to hear it and offered support.
- We have only a few months to organize real impacts. In the Tuesday's meeting, ask to create an open town hall meeting with all the university stakeholders in Spring. 
-  See the bigger picture: it is not about the residents’ problems, it is the university trying to dismiss a critical facility for the graduate student community because “it is a small community” (Dr. Javaune Adams-Gaston, Senior Vice President, Student Life, CGS meeting, 9/28) and “it does not generate income” (Jay Kasey, Senior Vice President, Office of Administration and Planning, at residents-SL/Office of Admin & Planning meeting,11/9)
- Please resist the idea that if it doesn’t affect you directly, you don’t speak up. Think of BV as a community -- present and future. When the administrators use the words “in the future”, “a few years”, they mean that they wait for you to graduate and the new incoming grad students are oblivious to the issue and simply accept that there is no grad/family housing. 
- A petition is forthcoming. We need you to get everyone to sign it.

Yours:BV Residents Association (Est. 2014)

2 komentar on "Penggusuran Ala Amerika"
  1. 1. Aku post bahasa indonesia ya uni hehe
    2. Comentnya hanya "semoga Allah yang memberikan segala yg terbaik u yg paling baiknya seperti apa, karna Allah Maha Mengetahui apa apa yg lebik baij untuk umatNya terutama Muslim.
    3. Semoga doa semua warga yg sedang teraniaya ini dikabulkan Allah ya uni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin .. makasi ya doanya .. doakan kami selalu :)

      Hapus

Komenmu sangat berarti bagiku 😆
Makasi ya udah ninggalin komen positif ... 🤗